Beranda » Indo Epoxy Blog » Pengecatan Kering Atau Powder Coating, Kelebihan dan Kelemahan

Pengecatan Kering Atau Powder Coating, Kelebihan dan Kelemahan

Diposting pada 2 Februari 2021 oleh admin | Dilihat: 99 kali | Kategori:

Proses atau sistem pengecatan saat ini terbilang sangat berkembang pesat. Salah satu sistem pengecatan yang populer yaitu dengan Powder coating. Sebenarnya Powder coating ini merupakan sebuah proses finishing kering pada sebuah pengecatan. Untuk lebih lanjut mengenai Powder coating ini, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Powder Coating?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apa itu Powder coating? Oke, Powder coating adalah sebuah sistem pengecatan yang tidak menggunakan bahan cair maupun pengencer seperti halnya yang biasa dilakukan pada saat pengecatan konvensional. Sistem pengecatan yang satu ini biasanya digunakan untuk melapisi sebuah logam baik itu besi maupun sebuah alumunium.

Powder coating ini juga terbilang sebagai proses pengecatan kering yang menggunakan sebuah partikel yang telah dihaluskan. Partikel tersebut seperti halnya resin maupun pigmen yang telah diberikan sebuah muatan elektrotatis sehingga siap untuk disemprotkan dalam suatu objek. Tidak hanya itu, ketika melakukan Powder coating ini, sebuah objek benda juga harus dibersihkan baik dari debu maupun minyak. Sehingga akan melancarkan proses Powder coating tersebut.

Sejarang Singkat Powder Coating

Powder Coating merupakan salah satu sistem pengecatan yang berkembang pesat dan ditemukan pertama kali pada tahun 1967 di Australia. Sistem pengecatan powder coating tidak mempergunakan bahan cair ataupun pengencer yang biasa dilakukan pada cat konvensional. Metode pengecatan powder coating menggunakan cat yang berbentuk serbuk dengan menggunakan alat electric spray gun. Cat ini akan menempel pada media yang dapat dialiri arus listrik, karena gun powder coating akan mengubah muatan pada serbuk powder coating.

Powder coating sepenuhnya adalah proses finishing kering, yang terdiri dari partikel-partikel yang dihaluskan, seperti resin, pigmen dan bahan baku lainnya yang diberikan muatan elektrostatis, kemudian disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat. Pada saat powder coating disemprotkan arahnya tidak lurus ke benda kerja tetapi membentuk suatu wrap round effect. Hal ini akan memberi keuntungan karena powder coating dapat menjangkau bahagian yang terlindungi.

Powder coating umumnya dipakai untuk melapisi permukaan logam dan material keras lainnya. Aplikasi powder coating pada logam memang sangat menguntungkan karena dianggap memiliki hasil warna yang lebih jelas dan sangat rata. Sebelum pengecatan, material yang akan dicat dibersihkan dan diberikan treatment tertentu agar mencapai daya rekat yang maksimal. Agar cat (powder) merekat dengan sempurna, maka harus melalui oven dengan suhu 160 – 220 C°.

Teknik Dalam Melakukan Pengecatan Powder Coating

Sebelum menerapkan beberapa teknik dalam Powder coating ini, biasanya serbuk yang hendak digunakan harus sudah melalui oven dengan suhu antara 190 hingga 220 celcius. Nah, berikut beberapa teknik dalam melakukan pengecatan Powder coating, antara lain:

Proses pencelupan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Powder coating telah diberikan sebuah muatan elektrotastik. Nah benda yang ingin dilapisi tersebut dicelupkan dalam bak yang berisi Powder coating tersebut.

Teknik penyemprotan

Karena Powder coating termasuk dalam proses pengecatan kering, caranya cukup disemprotkan pada objek yang ingin dilapisi dengan Powder coating tersebut.

Setelah melalui salah satu dari teknik yang diinginkan dalam proses Powder coating tersebut, benda atau objek hanya perlu dimasukkan dalam oven. hal tersebut bertujuan agar lebih merekatkan objek dengan serbuk atau partikel sehingga akan menciptakan lapisan yang lebih halus.

Jenis Bahan Dalam Powder Coating

Ada dua jenis yang digunakan dalam bahan atau material untuk Powder coating ini. Jenis bahan tersebut yang akan menjadi dasar untuk melapisi permukaan sebuah benda. Bahan dalam Powder coating ini antara lain:

Thermo Plastic

Ketika bahan yang satu ini dipanaskan, maka akan melakukan pencairan. Sehingga akan lebih mudah untuk diterapkan pada suatu objek.

Thermosetting

Berbeda halnya dengan Thermo Plastic, bahan Thermosetting ini tidak akan mengalami pencairan meskipun telah dipanaskan. Hal ini karena Thermosetting tahan terhadap panas.

Ketika dilakukan proses pemanasan pada Powder coating ini, akan terjadi reaksi kimia silang. Hal ini yang menjadikan proses penyemprotan Powder coating ini lebih unggul. Reaksi kimia silang ini dikarenakan dari temperatur oven dengan bahan yang ada pada Powder coating tersebut.

Tahap Dalam Powder Coating

Berbicara mengenai tahap dalam Powder coating, secara singkat terdiri dari tiga tahap. Tahap tersebut terdiri dari tahan awal, pengolahan, maupun tahap akhir. Berikut tahap tersebut, antara lain:

Tahap Awal

Tahap awal ini merupakan tahap yang harus dilakukan secara urut. Ada beberapa proses pada tahap awal ini, seperti halnya:

Degreasing ini merupakan sebuah tangki yang diisikan dengan asam sulfat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan segala kotoran yang ada pada benda yang ingin dilakukan pengecatan. Biasanya alumunium yang dimasukkan dalam tangki ini didiamkan selama 10 hingga 25 menit.

Setelah objek direndam dalam tangki yang berisi asam sulfat. Kini saatnya menghilangkan sisa kotoran dari proses degreasing tersebut. Hal itu disebut dengan proses rinsing.

Permukaan yang telah bersih dari kotoran dihaluskan dalam sebuah ruangan dengan suhu 20 hingga 25 derajat. Hal tersebut biasanya menggunakan sebuah soda api. Proses ini disebut sebagai Desmuting.

Rinsing ulang. Setelah dilakukan penghalusan menggunakan soda api, saatnya melakukan pembersihan ulang ketika terdapat soda api yang melekat pada objek tersebut.

Tahap Pengolahan Utama

Pengolahan utama ini yang menjadi kunci dari proses Powder coating ini. Ada beberapa proses dalam pengolahan utama ini, antara lain:

Pada proses ini, objek yang dilapisi dipelihara agar mampu menghasilkan permukaan yang sempurna dan benar-benar bagus. Pemeliharaan tersebut menggunakan sebuah larutan asam maupun alkalin. Bahkan tidak hanya itu, biasanya juga menggunakan heksavalensi chromium.

Isikan sebuah tangki yang berisi demineralisasi untuk menghilangkan kotoran yang masih tertinggal atau terkontaminasi dengan alumunium. Hal ini dilakukan sebanyak dua kali sehingga benar-benar memastikan alumunium bersih.

Prose pengeringan ini menggunakan sebuah oven dengan suhu 80 derajat. Hal ini bertujuan agar alumunium terhindar atau bebas dari air.

Pengolahan Akhir

Proses pengolahan akhir ini menjadi penting untuk melihat apakah proses pengecatan Powder coating ini berhasil atau tidak. Pada proses ini dilakukan coating atau pengecatan dalam ruangan yang tertutup. Setelah itu dilakukan pemanasan ulang yang akan menjadikan hasil cat keras dan kuat.

Sistem pengecatan Powder coating ini, memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknik yang lainnya. Hal ini karena hasil dari Powder coating ini memang lebih melekat dan bagus.

Kelebihan dan Kelemahan Powder Coating

Kelebihan Powder Coating

Permukaan Keras

Selain warna yang tebal, permukaan akan lebih keras, sehingga menjadikan perlindungan metal atau logam lebih tahan gores.

Sifat adhesif lebih kuat

Kuatnya sifat adhesif mengakibatkan serbuk powder lebih menyatu dengan logamnya. Perlakuan chemical pre treatment dan proses bake oven hingga 200 derajat Celcius, mengakibatkan proses melting dari bubuk powder lebih menyatu dengan media.

Menutup pori – pori dengan sempurna

Proses Powder Coating yang merata dan warna yang tebal, akan membuat pori-pori benda tertutup dengan sempurna. Berbeda dengan cat minyak, pada jangka waktu tertentu akan terdapat retakan kecil dan tidak terlihat kasat mata, dimana lama kelamaan retakan ini bisa menjadi jalan air, embun maupun uap untuk masuk ke pori – pori yang lama kelamaan bisa memicu terjadinya karat.

Efisien

Penggunaan teknik cat powder coating dianggap lebih efisien dan hemat dibandingkan dengan teknik lain. Penyebaran warna bisa menghemat penggunaan bahan cat secara langsung. Selain itu dengan bantuan alat, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah. Bahan untuk penerapan powder coating’pun juga lebih murah dibandingkan dengan model cat lain.

Ramah Lingkungan

Media yang menggunakan powder coating aman untuk kesehatan dan sangat ramah lingkungan. Tidak ada bahan khusus untuk melarutkan cat, yang bisa membuat cat terkelupas dan menyebabkan sampah lingkungan. Bahan cat yang masih berupa powder basah sekalipun tidak menyebabkan bau menyengat.

Aman

Bahan cat bubuk aman untuk kesehatan, baik untuk saluran pernafasan maupun kulit jika terkena kontaminasi langsung. Tetapi, penggunaan perangkat keamanan harus tetap diperlukan untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

Kualitas Baik

Proses powder coating pada suhu tinggi dan teknik penghilangan karat yang dilakukan sebelumnya akan menciptakan hasil yang berkualitas baik dan tahan karat. Benda yang dilindungi dengan cat powder coating mampu bertahan dari panas maupun hujan jauh lebih baik daripada cat biasa.
Ketahanan kualitas cat powder coating bisa sampai 10 tahun.

Kelemahan Powder Coating

  1. Sulit untuk menemukan dimensi warna lain yang lebih sesuai misal untuk jenis cat metalik.
  2. Hanya bisa di aplikasikan aplikasikan pada besi, aluminium, aluminium, metal atau logam. Tidak bisa digunakan digunakan untuk material karet dan baru bisa disentuh setelah cat kering
  3. Objek yang akan dicat harus benar-benar benar-benar steril dan terlepas terlepas dari seal atau karet karena
    akan dipanaskan sampai suhu 220 C.

 

Demikian, Semoga ulasan ini bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

Bagikan

Pengecatan Kering Atau Powder Coating, Kelebihan dan Kelemahan | Indo Epoxy

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

indoepoxy.co.id 

indoepoxy.co.id adalah media branding perusahaan jasa epoxy CV. Indosarana Gemilang yang menawarkan pengerjaan Jasa Epoxy Lantai Berkelas

Office

Indo Epoxy 
Cikampek Baru 2 Kec. Jatisari Kab. Karawang
Blok 10.7 No. 10

Telp. 0264 8361 544

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 22:00) WIB

Chat via Whatsapp
Rahmat
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Rahmat
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja